2017-01-29

latihan soal un smp/mts
UN SMP/MTs merupakan singkatan dari Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (disingkat SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs). Sekolah Menengah Pertama (disingkat SMP) merupakan jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Dasar (atau sederajat). Sekolah menengah pertama ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Pada tahun ajaran 1994/1995 hingga 2003/2004, sekolah ini pernah disebut sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP).

Ujian Nasional (UN) SMP/MTs dan SMPLB tahun 2017 diprakirakan akan digelar sekitar minggu ketiga bulan April 2017 sd. selesai selama 4 (empat) hari. Pelaksanaannya adalah pasca UN SMA/MA dan UN SMK/MAK yang dijadwalkan mulai sekitar minggu pertama / kedua bulan April 2017.

Baca Juga : Soal dan Pembahasan UN SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017

Untuk membantu para peserta Ujian Nasional tingkat SMP/MTs sederajat kami sampaikan latihan soal UN SMP/MTs yang sudah kami update dan bisa di download secara gratis!
Berikut latihan soal UN SMP/MTs (Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah) tahun pelajaran 2016/2017, yang sudah bisa diunduh :
  1. Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  2. Jawaban Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  3. Latihan Soal Bahasa Inggris UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  4. Pembahasan Latihan Soal Bahasa Inggris UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  5. Latihan Soal IPA UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  6. Pembahasan Latihan Soal IPA UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  7. Latihan Soal Matematika UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  8. Jawaban Latihan Soal Matematika UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
Demikian mengenai Latihan Soal Ujian Nasional SMP/MTs Tahun pelajaran 2016/2017. Semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu para siswa menghadapi ujian nasional tahun 2017.

sumber : unsmp.com


latihan soal un sd/mi
Madrasah Kita | Langsung saja dalam postingan kali ini admin Madrasah Kita akan mencoba berbagi tentang Latihan Soal Dan Pembahasan UN untuk SD/MI. dalam paket soal ini kami akan menyajikan beberapa soal mulai Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA, dalam postingan ini juga akan di lengkapi dengan pembahasan dari soal-soal yang sudah ada, dengan adanya pembahasan dari soal tersebut di harapkan dalam belajar kita lebih mudah memahami dari berbagai soal yang sudah ada dan nantinya jika mendapatkan soal yang sama dalam arti sama dalam hal konsepnya maka kita lebih mudah dalam mengerjakannya.

Tapi perlu diingat bahwa soa-soal latihan ini adalah hanya prediksi karena soal yang akan keluar pada Ujian Nasional SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017 tidaklah mungkin sama dengan yang admin share pada postingan kali ini. Jadi buat para pelajar SD bisa lebih giat lagi belajar. Ini hanya sekedar rujukan untuk menambah perbendaharaan soal saja.

Namun pada Latihan Dan Pembahasan Soal Ujian Sekolah (US) SD/MI  2017, Untuk materi ujian, pihak Kemdikbud menyesuaikan dengan jenis UN. UN perbaikan tahun 2016 materi ujiannya sesuai dengan kisi-kisi UN 2016. Untuk UN utama 2016 materi ujiannya ada tiga, yaitu irisan kurikulum KTSP dan K13, Kisi-kisi UN yang dikeluarkan BSNP (bersifat makro), dan sesuai dengan ketuntasan kurikulum. Sedangkan untuk UN perbaikan 2016, materinya sama dengan UN utama 2017.

Langsung saja Bapak Ibu Madrasah dapat Download Latihan Dan Pembahasan Soal Ujian Nasional (UN) SD/MI  2017, dari soal ujian tahun 2016 melalui tautan link berikut ini :
Demikian mengenai soal ltihan dan pembahasan UN untuk SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, khususnya adik-adik SD/MI yang akan menghadapi Ujian Nasional pada tahun 2017 ini.


juknis PPDB MAN IC
Madrasah Kita | Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia adalah madrasah yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam sebagai model pendidikan madrasah nasional yang istimewa berdasarkan pasal 134 Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, berwawasan Islam rahmatan  lil alamin,  berkualitas, dan berkarakter kebangsaan Indonesia.

Salah satu proses penting yang harus  dilakukan dalam pembangunan dan pengembangan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia adalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk menjaring peserta didik yang berpotensi. Penyelenggaraan penerimaan peserta didik (PPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dilakukan secara nasional dan bertujuan memberikan akses kepada siswa lulusan MTs/SMPNegeri dan Swasta untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan berdaya saing.

Beberapa indikator yang digunakan dalah hal ini adalah potensi dasar peserta didik, kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan analitis, kemampuan menyerap informasi, kemampuan adaptasi, daya juang, dan kepribadian yang baik serta tes akademik yang meliputi tes bidang studi: Matematika, IPA/IPS, Bahasa Inggris,Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Jumlah Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia yang melaksanakan PPDB tahun ini sebanyak 20 dengan kuota 1916 peserta didik. Tahap persiapan, proses pendaftaran, seleksi dan pendaftaran ulang pada PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dalam Juknis ini telah disesuaikan  dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga : Pedoman PPDB Tahun Pelajaran 2017/2018

Bagi sahabat guru madrasah yang kebetulan ada anak didiknya yang ingin mendaftarkan di MAN Insan Cendekia, silahkan Download Juknis PPDB MAN INSAN CENDEKIA Tahun Pelajaran 2017/2018, melalui tautan di bawah in :
Petunjuk Teknis ini diharapkan dapat menjadi acuan, dasar dan petunjuk bagi seluruh pelaksana PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dalam menyelenggarakan PPDB yang selektif, berkualitas dan akuntabel. Untuk itu, kepada seluruh pelaksana dan pihak terkait agar memahami dan memperhatikan serta mempedomani Petunjuk Teknis PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia ini dengan sebaik-baiknya

Semoga info mengenai JUknis PPDB MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2017/2018 ini dapat bermanfaat, khusunya kepada para siswa madrash yang berminat mendaftarkan diri pada maddrasah yang dimaksud...


rilis simpatika 1 februari 2017
Madrasah Kita | Para sahabat guru madrasah se Indonesia yang semoga selalu semangat berbagi ilmu, mulai pertanggal 1 Februari 2017 admin atau operator sekolah atau madrasah akan mulai sibuk kembali dengan dibukanya update simpatika untuk semester 2 tahun Pelajaaran 2016/2017.

Hal inipun sudah disampaikan oleh admin simpatika pusat dan sudah mengumumkan bahwa Periode Simpatika untuk Semester 1 akan berakhir tanggal 31 Januari 2017, maka  Sesuai dengan jadwal maka pada tanggal 1 Februari 2017 akan dibuka SIMPATIKA untuk periode semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017.

Adapun yang dirilis adalah sbb :
  1. Lanjutan Verval NRG dan Verval SK Inpassing
  • Sengketa NRG kode S26b4 ditutup
  • Perbaikan atribut data NRG, tidak akan mengubah NRG yang sudah terbit permanen
  1. Cetak Kartu Digital status keaktifan PTK pada periode Semester 2 TP. 2016/2017
  2. Isian Jadwal Mengajar Guru Madrasah, Guru PAIS dan Bimas Semester 2 TP. 2016/2017. Untuk guru PAIS/Bimas ada penambahan untuk melakukan input jumlah siswa yang diajar.
  3. Pengelolaan Pengawas dibawah masing-masing bidang (Pendma, PAIS, Bimas)
  4. Tugas tambahan Guru PAIS/Bimas sebagai Kepala Sekolah, dikelola langsung oleh Admin PAIS/Bimas Kemenag Kab/Kota
Disamping 5 hal tersebut diatas, ada beberapa rilis yang ditunda dan akan diumumkan pada kesempatan berikutnya dikarenakan masih adanya proses dan update yang masih terus berlangsung, namun rencananya insyaallah akan dirilis pada tanggal 1 Maret 2017, yaitu antara lain :
  1. Keaktifan Kolektif Madrasah(S25)
  2. Keaktifan dan Cetak Kartu Pengawas
  3. Verval Profil Madrasah disertai dengan NSM (Nomor Statistik Madrasah)
  4. Informasi angka/statistik kelebihan dan kekurangan guru di login akun Kepala Madrasah
  5. Upload dokumen kelengkapan inpassing
  6. Pengelolaan kelas akselerasi
Sehingga mengenai hal tersebut diatas agar masing-masing individu PTK dan lembaga dapat fokus melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah dirilis 1 Februari 2017 terlebih dahulu hingga selesai dengan baik, serta tidak ada yang tertinggal dan atau terjadi kekeliruan. Kepada para operator sekolah atau madrsah, ayo semangat lagi untuk mengisi berkas pada laman simpatika semester 2 ini.

Baca juga : Try Out UNBK 2017 Gratis

Demikian tadi info mengenai update simpatika pertanggal 1 Februari 2017. Semoga info ini bisa bermanfaat khusunya para PTK yang sudah mempunyai NUPTK dan kepala Madrasah. Salam madrasah...




try out unbk 2017
Madrasah Kita | Rekan guru madrasah yang berbahagia, pelaksanaan Ujian Nasional tinggal menunggu beberapa waktu lagi. Seperti kita ketahui, Ujian Nasioanl saat ini ada yang menggunakan berbasis kertas seperti ujian pada umumnya dan ada juga yang menggunakan komputer atau lebih dikenal dengan isitilan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Banyak sekolah dan madrasah yang tahun ini baru akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sehingga masih banyak sekolah atau madrasah yang menduga-duga, seperti apa pelaksanaan dan berntuk soalnya.

Agar hasil ujian menjadi maksimal, maka sekolah atau madrasah harus betul-betul mempersiapkan segala sesuatunya, salah satu caranya adalah dengan mengadakan uji coba atau try out UNBK 2017. Bagi sekolah atau madrasah yang belum memiliki fasilitas dalam membuat aplikasi try out UNBK kami sarankan dengan menggunakan sarana uji coba atau try out UNBK yang tersedia secara gratis.

Nah pada kesempatan kali ini, admin Madrasah Kita akan mencoba berbagi info mengenai layanan gratis try out UNBK, salah satu laman yang menyediakan layanan grtais try out ini adalah cbt.hasama.co.id. Laman ini gratis dan tanpa iklan yang dapat digunakan oleh siapa saja, baik murid, guru ataupun umum. Bahkan laman ini lebih lengkap untuk kegiatan try out. Pada laman ini, sebelum siswa mendaftar, sebaiknya sekolah atau madrasah mendaftarkan atau membuat akun terlebih dahulu. Namun jika tidak mau repot dengan membuat akun, rekan guru bisa nebeng alias numpang di sekolah lain yang sudah punya akun.
try out unbk 2017
Cara mendaftarkan siswa untuk mengikuti try out UNBK :
  • Masuk ke laman http://cbt.hasama.co.id/siswa/
  • Kedua, setelah masuk silakan isi formulir pendaftaran, diantaranya nama, alamat email, nomor hp, password. Jangan lupa dengan alamat email dan passwordnya karena akan digunakan saat login nanti. Setelah mengisi form diatas maka dilanjutkan dengan mengisi data berupa jenis kelamin, tempat tanggal lahir, identitas sekolah berupa propinsi, kab/kota, tingkat/jenjang dan nama sekolah. Jika nama sekolah tidak ada sebaiknya ikut ke sekolah lain saja.
  • Ketiga jika sudah memiliki akun, rekan guru bisa masuk ke laman uji coba UN atau login dengan menggunakan username berupa email dan passsword yang digunakan saat pendaftaran. Silakan login DISINI.
  • Setelah berhasil login, untuk masuk ke laman try out, rekan guru tinggal mengklik Lihat Kumpulan Set Soal dan berikutnya klik Ikuti.
Demikian info mengenai try out UNBK secara gratis yang dapat rekan guru akses. Semoga info ini bisa bermanfaat.....


Madrasah Kita | Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah Berstandar Nasional, yang selanjutnya disebut POS USBN, mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional pada Pendidikan Dasar dan Menengah (SMP/MTs/Sederajat dan SMA/MA/SMK/sederajat) Tahun Pelajaran 2016/2017.

POS USBN diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada tanggal 25 januari 2017 melalui peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 08/D/HK/2017 tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pada Pendidikan Dasar dan menengah Tahun Pelajaran 2016/2017.

Baca Juga : Kisi-kisi UAMBN MTs Tahun Pelajaran 2016/2017

Bagi bapak/ibu madrasah yang membutuhkan POS USBN Tahun Pelajaran 2016/2017, berikut kami berikan link downloadnya dengan mengklik tautan berikut ini :


Dan dibawah ini adalah kisi-kisi untuk USBN tingak SMP/MTs/Sederajat dan SMA/MA/SMK/sederajat yang bisa anda download melalui tautan dibawah ini :


Demikian inf mengenai POS USBN dan kisi-kisi USBN tingkat SMP/MTs/Sederajat dan SMA/MA/SMK/sederajat. Semoga info ini bisa bermanfaat untuk kemajuan pendidikan, khusunya pendidikan madrasah.


pedoman ppdb 2017/2018
Madrasah Kita | Rekan guru madrasah yang semoga selalu dalam naungan dan ridho Allah SWT, kali ini admin Madrasah Kita akan mencoba men-share kembali pedoman PPDB Tahun Pelajaran 2017/2018. Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa kegiatan awal tahun pelajaran baru 2017/2018 adalah Penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru, penyelenggaraan pendidikan diawali dengan kegiatan penerimaan penerimaan peserta didik baru (PPDB). PPDB merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh satuan lembaga pendidikan.

Penerimaan peserta didik baru pada madrasah perlu dilakukan secara objektif, akuntabel, transparan dan yang paling penting tidak diskriminatif. PPDB bertujuan memberi kesempatan Yang sangat luas bagi warga Negara usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya.

Agar pelaksanaan PPDB di semua daerah dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun maka diperlukan pedoman PPDB. Pedoman PPDB sebagai acuan berbagai pihak khususnya jika terjadi persoalan tentang PPDB. Pedoman PPDB ini juga memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat terkait pembiayaan PPDB. Disisi lain pedoman ini dimaksudkan agar layanan pendidikan dapat diberikan kepada semua komponen masyarakat.

Baca Juga : Kisi-Kisi dan POS UAMBN Madrasah Aliyah tahun Pelajaran 2016/2017

Dengan hadirnya buku Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017 – 2018 ini diharapkan menjadi acuan bagi Madrasah dan instansi terkait dalam penyelenggaraan dan pelaporan PPDB. Semoga pendidikan madrasah semakin terorganisir dengan baik sehingga keberadaan madrasah semakin diminati dan menjadi pilihan utama masyarakat.

Silahkan download Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2017/2018, melalui tautan di bawah ini :


Demikian info mengenai Panduan atau Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2017/2018. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi acuan kepada para bapak/ibu guru madrasah dalam rangka meningkatkan kembali kualitas penerimaan peserta didik baru tahun ini. Semoga bermanfaat dan salam madrasah...


ksisi-kisi dan pos uambn aliyah
Madrasah Kita | Para sahabat guru madrasah yang semga senantiasa dalam lindungan Allah SWT, dalam rangka mengendalikan mutu dan hasil pendidikan pada madrasah, Dirjen Pendis mengeluarkan Prosedur Operasional Standar (POS) penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab tahun pelajaran 2016/2017.

POS ini digunakan sebagai pedoman bagi madrasah penyelenggara UAMBN dan instansi terkait serta untuk menjamin kelancaran pelaksanaan UAMBN 2017.

Untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan, perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar tersebut dilakukan melalui Ujian Nasional dan Ujian Madrasah.

Berikut kami berikan link download dari Dirjen Pendidikan Islam 2017:

POS UAMBN 2017  DOWNLOAD
Lampiran POS UAMBN 2017 DOWNLOAD

Berikut ini adalah kisi-kisi UAMBN untuk Jenjang Madrasah Aliyah (MA) :

  • MA AGAMA - KISI-KISI UAMBN 2017 - ILMU KALAM  DOWNLOAD
  • MA AGAMA - KISI-KISI UAMBN 2017 - SKI  DOWNLOAD
  • MA AGAMA - KISI-KISI UAMBN 2017 - AKHLAK DOWNLOAD
  • MA AGAMA - KISI-KISI UAMBN 2017 - BAHASA ARAB DOWNLOAD
  • MA IPA,IPS,BAHASA - KISI-KISI UAMBN 2017 -  AKIDAH AHLAK  DOWNLOAD
  • MA IPA,IPS,BAHASA - KISI-KISI UAMBN 2017 - FIKIH DOWNLOAD
  • MA IPA,IPS,BAHASA - KISI-KISI UAMBN 2017 - QUR'AN HADIS  DOWNLOAD
  • MA IPA,IPS,BAHASA - KISI-KISI UAMBN 2017 - SKI DOWNLOAD
  • MA IPA,IPS,BAHASA - KISI-KISI UAMBN 2017 - BAHASA ARAB  DOWNLOAD

Demikian info mengenai POS dan kisi-kisi UAMBN untuk Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2016/2017. Semoga info ini bermanfaat khusunya buat bapak/ibu guru Madrasah Aliyah. Salam madrasah...


kisi kisi ujian sekolah/madrasah
Madrasah Kita | Rekan guru madrasah yang semoga selalu semangat untuk mendidik dan mengajar generasi bangsa, sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa sudah beberapa tahun terakhir ini pada jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah atau yang sederajat tidak lagi ada Ujian Nasional (UN) dan sebagai gantinya adalah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Dalam rangka persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah Tahun Pelajaran 2016/2017, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan penyelenggara program Paket A/Ula Tahun Pelajaran 2016/2017

Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) Tahun Pelajaran 2016/2017 yang telah diterbitkan oleh Balitbang Kemendikbud berisi :

A. Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah SD/MI
  1. Bahasa Indonesia SD/MI
  2. Matematika SD/MI
  3. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI

B. Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah SDSLB
  1. Bahasa Indonesia SDSLB (tunanetra, tuna daksa ringan dan tuna laras)
  2. Bahasa Indonesia SDSLB (tunarungu)
  3. Matematika SDSLB (tunanetra, tuna daksa ringan dan tuna laras)
  4. Matematika (tunarungu)
  5. Ilmu Pengetahuan Alam SDSLB (tunanetra, tuna daksa ringan dan tuna laras)
  6. Ilmu Pengetahuan Alam SDSLB (tunarungu)

C. Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah Paket A/ULA
  1. Pendidikan Kewarganegaraan Paket A/ULA
  2. Bahasa Indonesia Paket A/ULA
  3. Matematika Paket A/ULA
  4. Ilmu Pengetahuan Alam Program Paket A/ULA
  5. Ilmu Pengetahuan Sosial Paket A/ULA

Baca Juga : Kisi-Kisi UAMBN MTs Tahun Pelajaran 2016/2017

Dan untuk mendapatkan Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, bapak/ibu guru bisa mendownloadnya pada tautan berikut ini :

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH (US/MI) TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Demikian tadi info mengenai kisi-kisi Ujian Sekolah/madrasah untuk tingkat SD/MI dan sederajat. Semoga info ini bermanfaat buat bapak/ibu guru sekolah khususnya guru madrasah.


MKRdezign

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget