2017-01-15

juknis bos 2017
Para sahabat guru khusunya guru madrasah yang berbahagia, pada tahun anggaran 2017 ini alokasi anggaran pada anggaran DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tahun anggaran 2017 telah dianggarkan alokasi Bantuan Operasional Sekolah untuk 49.337 madrasah. Pelaksanaan program BOS melalui APBN yang alokasi anggarannya tidak sedikit ini harus dapat dipertanggungjawabkan oleh semua pelaksana baik di satuan kerja Kementerian Agama maupun madrasah swasta, sehingga diperlukan regulasi dalam bentuk petunjuk teknis yang dapat dipahami dan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan program BOS tahun 2017.

Dengan adanya PMK Nomor 173/2016 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 168/2015 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintah pada Kementerian Negara/Lembaga, lebih memudahkan mekanisme pencairan dikarenakan lebih fleksibel dalam tahapan pencairan dan penyederhanaan bentuk surat pertanggungjawaban dana BOS.

Oleh karenanya agar semua pelaksana BOS baik di satuan kerja Kementerian Agama maupun madrasah swasta memiliki acuan dalam pelaksanaan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah Tahun Anggaran 2017 maka Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7381 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Madrasah Tahun Anggaran 2017.

Bagi sahabat guru yang memerlukan petunjuk teknis atau juknis BOS ini, silahkan download Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Madrasah Tahun Anggaran 2017 pada tautan dibawah ini :

JUKNIS BOS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2017

Adapun sasaran program BOS adalah semua Madrasah Negeri dan Swasta di seluruh Provinsi di Indonesia yang telah memiliki izin operasional. Siswa madrasah penerima BOS adalah lembaga madrasah yang menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar pada pagi hari dan siswanya tidak terdaftar sebagai siswa SD, SMP, atau SMA. Bagi madrasah yang menyelenggarakan kegiatan pembelajaran pada sore hari, dapat menjadi sasaran program BOS setelah dilakukan verifikasi oleh Seksi Madrasah/TOS Kabupaten/Kota.

Besar biaya satuan BOS yang diterima oleh madrasah, dihitung berdasarkan jumlah siswa :
  • Madrasah Ibtidaiyah Rp. 800.000,-/siswa/tahun
  • Madrasah Tsanawiyah Rp. 1.000.000,-/siswa/tahun
  • Madrasah Aliyah Rp. 1.400.000,-/siswa/tahun
Demikian informasi mengenai Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Madrasah Tahun Anggaran 2017, semoga bermanfaat dan salam madrasah.

Para sahabat guru yang berbahagia, khusunya para guru madrasah yang terus semangat berbagi ilmu demi terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia, beberapa waktu lalu Madrasah Kita men-share surat Edaran Dirjen Pendis Nomor 141/DJ.I/Set/PP.00.6/1/2017 perihal persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Madrasah dan PPS Wajar Dikdas Tahun Pelajaran 2016/2017.

Dan pada point 4 isi surat edaran Dirjen Pendis Nomor 141/DJ.I/Set/PP.00.6/1/2017 perihal persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Madrasah dan PPS Wajar Dikdas Tahun Pelajaran 2016/2017 menyebutkan bahwa sebagaimana arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pelaksanaan Ujian Nasioanl Tahun 2016/2017 diprioritaskan melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Maka bagi madrasah yang memiliki kesiapan untuk melaksanakan UNBK diharapkan dapat mendaftarkan disi sebagai pelaksana UNBK ke Dinas Pendidikan setempat.

Maka pada kesempatan kali ini Madrasah kita mencoba akan mengetengahkan atau men-share kembali daftar nama Madrasah sebagai penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan juga madrasah baik MA atau MTs yang direkomendasikan sebagai penyelenggara UNBK Tahun Pelajaran 2016/2017 sebagaimana yang dipublikasikan oleh Dirjen Pendis :


Sahabat guru bisa membuka link tautan diatas guna memastikan apakah madrasah bapak/ibu salah satu madrasah penyelenggara atau yang direkomendasikan penyelenggara UNBK tahun ini.
Semoga informasi ini bermanfaat dan salam madrasah.

surat edaran pelaksaan UN
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2016/2017 akan diprioritaskan melalui Ujian Nasional Berbasisi Komputer (UNBK). Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017.

Menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2017 sebagaimana tersebut diatas, tertanggal 12 Januari 2017 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 141/DJ.I/Set.I/PP.00.6/1/2017 Perihal Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Madrasah dan PPS Wajar Dikdas Tahun Pelajaran 2016/2017.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Dirjen Pendis dalam surat edaran tersebut antara lain :

  1. Satuan Pendidikan di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam baik Madrasah maupun Pondok Pesantren Salafiyah Penyelenggara Program Wajar Dikdas (PPS Wajar Dikdas) yang siswanya akan mengikuti Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 diwajibkan melakukan upload data EMIS Tahun Pelajaran 2016/2017.
  2. Batas akhir waktu upload data EMIS dari setiap satuan pendidikan paling lambat tanggal 19 Januari 2016.
  3. Setelah melakukan upload data EMIS, Madrasah dan PPS Wajar Dikdas dapat mengunduh data calon peserta Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 berbasis data EMIS melalui Aplikasi Verval Peserta UN Online pada laman: http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/.
  4. Sebagaimana arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 diprioritaskan melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sehubungan dengan hal tersebut, Madrasah yang memiliki kesiapan untuk pelaksanaan UNBK diharapkan dapat mendaftarkan diri sebagai pelaksana UNBK ke Dinas Pendidikan setempat.
  5. Disamping itu, berdasarkan data kepemilikan laboratorium dan komputer yang terinput dalam database EMIS, kami juga merekomendasikan beberapa MTs dan MA untuk dapat melaksanakan UNBK Tahun Pelajaran 2016/2017.
  6. Kanwil Kemenag Provinsi diharapkan dapat berkoordinasi dengan Kankemenag kabupaten/kota untuk segera melakukan verifikasi terkait kesiapan Madrasah-madrasah yang direkomendasikan untuk melaksanakan UNBK sebagaimana dimaksud pada point 5 (lima) sebelum ditetapkan sebagai madrasah Pelaksana UNBK Tahun Pelajaran 2016/2017.
  7. Kankemenag Kabupaten/kota agar segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat untuk mengintruksikan dan menetapkan Madrasah dan PPS wajar Dikdas yang belum dapat melaksanakan UNBK dimadrasahnya sendiri, agar siswanya mengikuti UNBK ditempat pelaksanaan UNBK yang berada radius maksimal 5 (lima) kilometer.
  8. Kemendikbud telah menyiapkan aplikasi pada laman http://spasial.datakemendikbud.go.id/unbk/ yang dapat digunakan untuk melakukan proses pemanfaatan bersama fasilitas komputer madrasah/sekolah.
  9. Batas waktu pengiriman data calon peserta Ujian Nasional Madrasah dan PPS Wajar Dikdas berbasis data EMIS ke dalam aplikasi BIO-UN dan penyampaian kesiapan pelaksanaan UNBK di lingkungan Madrasah dan PPS Wajar Dikdas dari Kanwil Kemenag Provinsi dan/atau Kankemenag Kabupaten/Kota ke Dinas Pendidikan Provinsi dan/atau Kabupaten/Kota paling lambat tanggal 20 januari 2017.

Demikian isi dari Surat Edaran Dirjen Pendis Nomor 141/DJ.I/Set.I/PP.00.6/1/2017 Perihal Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Madrasah dan PPS Wajar Dikdas Tahun Pelajaran 2016/2017. Surat edaran tersebut bisa sahabat guru unduh pada link berikut ini :

Surat Edaran Pelaksaan UN 2016/2017

teknis unbk
Penyelenggaraan UNBK tahun ini masih menggunakan sistem semi-online, yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Berikut ini adalah persiapan yang harus dipersiapkan oleh sekolah tempat penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) :

UNBK Starter
UNBK Starter adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan informasi hardware buat generate Serial Number server. Kemudian untuk menjalankan VM sekarang juga di tambahkan sebuah fitur enkripsi dengan bit locker untuk meningkatkan keamanan server.


ExamBrowser UNBK 2017
Exam browser yang digunakan dalam UNBK tahun ini lebih keren tampilannya dengan berbagai tambahan fitur yang memudahkan siswa seperti timer yang sticky dan adanya penanda untuk jawaban yang ragu – ragu.


Selain itu dalam melaksanakan ujian nanti siswa juga bisa mendengarkan audio soal Listening Bahasa Inggris secara langsung di komputernya. Karena nomor soal listening juga acak, komputer siswa/client diwajibkan ada headset.

Audio yang ada di client dan bisa di play secara mandiri, siswa hanya ada kesempatan untuk memainkannya sekali saja, namun bisa mengganti jawaban jika dirasa ada jawaban yang lebih baik.

Prosedur Registrasi & Sinkronisasi Server
Setiap server dalam sekolah memiliki server ID yang berbeda – beda, berbeda dengan tahun lalu dimana satu ID digunakan oleh semua server yang ada di sekolah tersebut.

Proses instalasi server sekarang sejak awal dilakukan secara sendiri – sendiri, lantas mengirimkan Serial Number dengan mensubmit ID server. Selanjutnya serial akan ikut tampil di web dan bisa dicocokan, kalau sudah cocok dan terkonfirmasi baru keluar jadwal sinkronisasi server tersebut.

Kalau tahun lalu Server ID dan serial dikirim manual ke web unbk, lantas baru diverifikasi dari pusat, lantas satu server sinkronisasi dan setelah selesai server yang telah tersinkron di copy ke yang lainnya.

Proses sinkronisasi juga berjalan otomatis, apabila putus di tengah jalan, bisa disambung dari posisi saat putus, tidak perlu download dari awal lagi.

CBT Sync UNBK
Dalam Pelaksanaan UNBK selalu menggunakan aplikasi CBT Sync ini di server untuk administrasi pelaksanaannya. Dalam CBT Sync juga ada beberapa perubahan fungsionalitas, meski untuk designnya relatif sama seperti dulu, terkesan seadanya

Status Server UNBK
Server menampilkan bermacam – macam dalam statusnya, kalau dahulu mungkin hanya ada status Tidak Aktif/offline dan online. Sekarang ada satu lagi tambahan status yaitu standby. Di bawah status – status tersebut juga di sampaikan sebuah baris informasi tentang kondisi server saat ini, tentang hubungan server lokal dengan server pusat khususnya

Reset Login Peserta
Untuk reset login peserta, yang sebelumnya dibuang centangnya baru klik reset, sekarang berlaku normal seperti kebanyakan aplikasi, siswa yang mau direset loginnya di centang dulu bari kita klik tombol risetnya.

Daftar Peserta Terupload
Tampilan laporan siswa yang sudah mengerjakan dan sudah diupload harus dicetak oleh proktor. Dalam daftar tersebut juga bisa dilihat jawaban yang dipilih siswa (tanpa petunjuk benar dan salah tentunya). Jawaban bisa dieksport dari server dalam bentuk PDF.

Demikian tentang UNBK 2017 ini, semoga bisa dibuat referensi bagi sesama teknisi atau siswa yang nanti melaksanakan UNBK tahun ini. Semoga bermanfaat dan salam madrasah

unbk
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 tidak sepenunya dilakukan secara online. Model ini disebut juga dengan sistem semi-online. Tapi alur pelaksanaan UNBK 2017 dilakukan dengan cara soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan sinkronisasi ke server lokal di sekolah, kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal secara offline.

Setelah ujian dilaksanakan, hasilnya kembali dikirim melalui server lokal ke server pusat secara online dengan cara diupload.

Yang menjadi kendala saat ini adalah ketersediaan perangkat komputer. Meski banyak sekolah yang mengaku siap, namun kondisinya belum sepenuhnya. Masih banyak sekolah yang tudak mempunyai cukup perangkat komputer.

Namu pada dasarnya UNBK 2017 sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Melalui UNBK, siswa tak lagi mengerjakan soal secara konvensional dengan menggunakan kertas dan pensil. Melainkan siswa akan langsung membaca soal dan mengisinya sekaligus melalui komputer dengan memanfaatkan koneksi jaringan internet yang saling terhubung dengan server pusat.

Untuk itu, dalam pelaksanaannya UNBK tidak dilakukan oleh semua sekolah. Melainkan hanya sekolah-sekolah tertentu saja. Sebab berkaitan dengan ketersediaan sarana prasarana pendukung pelaksanaan UNBK. Kendati demikian, diharapkan seiring berjalannya waktu, semakin banyak sekolah yang melaksanakan program UNBK  ini.

Bagi sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat yang pada tahun 2017 ingin melaksanakan UNBK, diharuskan untuk mempersiapkan segala keperluannya. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan sistem saat pelaksanaan UNBK 2017 yang pastinya dapat merugikan siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer tersebut.

Maka dari itu, sekolah yang akan melaksanakan UNBK  perlu mengetahui secara detail persiapan teknis apa saja yang diperlukan. Semua persiapan tersebut alangkah baiknya dilengkapi sejak sekarang agar ketika tiba waktu UNBK sekolah terkait siap sepenuhnya. Bagi anda yang belum tahu, berikut ini Persyaratan Teknis Sekolah Tempat Pelaksanaan UNBK 2017:

1. Tersedia petugas laboratorium komputer (minimal 1 proktor dan 1 teknisi);

2. Dapat menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi (minimal) sebagai berikut:

a. Server (utama dan cadangan):

• PC/Tower/Desktop (bukan laptop)

• Processor dengan 4 core dengan frekuensi clock 1.6 GHz 64 Bit

• RAM 8 GB (Dengan VM RAM 4 GB)

• Harddisk 250 GB

• Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows 7/Linux Ubuntu 14.04

• LAN CARD dua unit (satu ke jaringan internet dan satu ke Jaringan lokal)

• UPS (tahan 15 menit)

• Jumlah server mengikuti rasio 1 : 40 (1 server maksimal untuk 40 client).

• Memperbesar jumlah rasio maka harus menambah jumlah core dan RAM

• Cadangan 1 server.

b. Client (utama dan cadangan):

• PC atau Laptop

• Monitor minimal 12 inch

• Processor pentium 4 dengan frekuensi clock 400 MHz

• RAM minimal 512 MB

• Operating System: Windows XP/Windows 7/Windows 8/LINUX

• Web Browser: Xambro

• Hardisk minimal tersedia 10 GB (free space)

• LAN Card

• Jumlah client mengikuti rasio 1 : 3 ( 1 client untuk 3 peserta)

• Cadangan minimal 10%.

• Headset/earphone (untuk ujian listening SMA/MA dan SMK)

c. Jaringan internet dengan bandwidth minimal 1 Mbps (stabil)

d. Jaringan area lokal (Local Area Network – LAN tidak WIFI)

• Switch dengan jumlah port sesuai dengan jumlah komputer pada setiap setiap server.

• Setiap server harus memiliki switch sendiri (tidak digabung dengan server lain).

Semua persyaratan tersebut harus dipenuhi oleh setiap sekolah yang berniat mengadakan UNBK pada tahun 2017. Memang terhitung sangat banyak, hal ini wajar mengingat UNBK berkaitan erat dengan sarana prasarana sekolah. Semoga bermnafaat dan salam madrasah....

MKRdezign

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget