Kabar Terbaru

Pengunjung

SEJAK 1 MEI 2017

Flag Counter

Total Pageviews

Try Out UNBK 2017 untuk SMP, SMA dan Sederajat Secara Gratis

By On January 31, 2017

try out unbk 2017
Madrasah Kita | Rekan guru madrasah yang berbahagia, pelaksanaan Ujian Nasional tinggal menunggu beberapa waktu lagi. Seperti kita ketahui, Ujian Nasioanl saat ini ada yang menggunakan berbasis kertas seperti ujian pada umumnya dan ada juga yang menggunakan komputer atau lebih dikenal dengan isitilan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Banyak sekolah dan madrasah yang tahun ini baru akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sehingga masih banyak sekolah atau madrasah yang menduga-duga, seperti apa pelaksanaan dan berntuk soalnya.

Agar hasil ujian menjadi maksimal, maka sekolah atau madrasah harus betul-betul mempersiapkan segala sesuatunya, salah satu caranya adalah dengan mengadakan uji coba atau try out UNBK 2017. Bagi sekolah atau madrasah yang belum memiliki fasilitas dalam membuat aplikasi try out UNBK kami sarankan dengan menggunakan sarana uji coba atau try out UNBK yang tersedia secara gratis.

Nah pada kesempatan kali ini, admin Madrasah Kita akan mencoba berbagi info mengenai layanan gratis try out UNBK, salah satu laman yang menyediakan layanan grtais try out ini adalah cbt.hasama.co.id. Laman ini gratis dan tanpa iklan yang dapat digunakan oleh siapa saja, baik murid, guru ataupun umum. Bahkan laman ini lebih lengkap untuk kegiatan try out. Pada laman ini, sebelum siswa mendaftar, sebaiknya sekolah atau madrasah mendaftarkan atau membuat akun terlebih dahulu. Namun jika tidak mau repot dengan membuat akun, rekan guru bisa nebeng alias numpang di sekolah lain yang sudah punya akun.
try out unbk 2017
Cara mendaftarkan siswa untuk mengikuti try out UNBK :
  • Masuk ke laman http://cbt.hasama.co.id/siswa/
  • Kedua, setelah masuk silakan isi formulir pendaftaran, diantaranya nama, alamat email, nomor hp, password. Jangan lupa dengan alamat email dan passwordnya karena akan digunakan saat login nanti. Setelah mengisi form diatas maka dilanjutkan dengan mengisi data berupa jenis kelamin, tempat tanggal lahir, identitas sekolah berupa propinsi, kab/kota, tingkat/jenjang dan nama sekolah. Jika nama sekolah tidak ada sebaiknya ikut ke sekolah lain saja.
  • Ketiga jika sudah memiliki akun, rekan guru bisa masuk ke laman uji coba UN atau login dengan menggunakan username berupa email dan passsword yang digunakan saat pendaftaran. Silakan login DISINI.
  • Setelah berhasil login, untuk masuk ke laman try out, rekan guru tinggal mengklik Lihat Kumpulan Set Soal dan berikutnya klik Ikuti.
Demikian info mengenai try out UNBK secara gratis yang dapat rekan guru akses. Semoga info ini bisa bermanfaat.....


Download POS dan Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2016-2017

By On January 31, 2017

Madrasah Kita | Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah Berstandar Nasional, yang selanjutnya disebut POS USBN, mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional pada Pendidikan Dasar dan Menengah (SMP/MTs/Sederajat dan SMA/MA/SMK/sederajat) Tahun Pelajaran 2016/2017.

POS USBN diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada tanggal 25 januari 2017 melalui peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 08/D/HK/2017 tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pada Pendidikan Dasar dan menengah Tahun Pelajaran 2016/2017.

Baca Juga : Kisi-kisi UAMBN MTs Tahun Pelajaran 2016/2017

Bagi bapak/ibu madrasah yang membutuhkan POS USBN Tahun Pelajaran 2016/2017, berikut kami berikan link downloadnya dengan mengklik tautan berikut ini :


Dan dibawah ini adalah kisi-kisi untuk USBN tingak SMP/MTs/Sederajat dan SMA/MA/SMK/sederajat yang bisa anda download melalui tautan dibawah ini :


Demikian inf mengenai POS USBN dan kisi-kisi USBN tingkat SMP/MTs/Sederajat dan SMA/MA/SMK/sederajat. Semoga info ini bisa bermanfaat untuk kemajuan pendidikan, khusunya pendidikan madrasah.


Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2017-2018

By On January 31, 2017

pedoman ppdb 2017/2018
Madrasah Kita | Rekan guru madrasah yang semoga selalu dalam naungan dan ridho Allah SWT, kali ini admin Madrasah Kita akan mencoba men-share kembali pedoman PPDB Tahun Pelajaran 2017/2018. Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa kegiatan awal tahun pelajaran baru 2017/2018 adalah Penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru, penyelenggaraan pendidikan diawali dengan kegiatan penerimaan penerimaan peserta didik baru (PPDB). PPDB merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh satuan lembaga pendidikan.

Penerimaan peserta didik baru pada madrasah perlu dilakukan secara objektif, akuntabel, transparan dan yang paling penting tidak diskriminatif. PPDB bertujuan memberi kesempatan Yang sangat luas bagi warga Negara usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya.

Agar pelaksanaan PPDB di semua daerah dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun maka diperlukan pedoman PPDB. Pedoman PPDB sebagai acuan berbagai pihak khususnya jika terjadi persoalan tentang PPDB. Pedoman PPDB ini juga memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat terkait pembiayaan PPDB. Disisi lain pedoman ini dimaksudkan agar layanan pendidikan dapat diberikan kepada semua komponen masyarakat.

Baca Juga : Kisi-Kisi dan POS UAMBN Madrasah Aliyah tahun Pelajaran 2016/2017

Dengan hadirnya buku Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017 – 2018 ini diharapkan menjadi acuan bagi Madrasah dan instansi terkait dalam penyelenggaraan dan pelaporan PPDB. Semoga pendidikan madrasah semakin terorganisir dengan baik sehingga keberadaan madrasah semakin diminati dan menjadi pilihan utama masyarakat.

Silahkan download Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2017/2018, melalui tautan di bawah ini :


Demikian info mengenai Panduan atau Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2017/2018. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi acuan kepada para bapak/ibu guru madrasah dalam rangka meningkatkan kembali kualitas penerimaan peserta didik baru tahun ini. Semoga bermanfaat dan salam madrasah...


Kisi-Kisi dan POS UAMBN Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2016-2017

By On January 30, 2017

ksisi-kisi dan pos uambn aliyah
Madrasah Kita | Para sahabat guru madrasah yang semga senantiasa dalam lindungan Allah SWT, dalam rangka mengendalikan mutu dan hasil pendidikan pada madrasah, Dirjen Pendis mengeluarkan Prosedur Operasional Standar (POS) penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab tahun pelajaran 2016/2017.

POS ini digunakan sebagai pedoman bagi madrasah penyelenggara UAMBN dan instansi terkait serta untuk menjamin kelancaran pelaksanaan UAMBN 2017.

Untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan, perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar tersebut dilakukan melalui Ujian Nasional dan Ujian Madrasah.

Berikut kami berikan link download dari Dirjen Pendidikan Islam 2017:

POS UAMBN 2017  DOWNLOAD
Lampiran POS UAMBN 2017 DOWNLOAD

Berikut ini adalah kisi-kisi UAMBN untuk Jenjang Madrasah Aliyah (MA) :

  • MA AGAMA - KISI-KISI UAMBN 2017 - ILMU KALAM  DOWNLOAD
  • MA AGAMA - KISI-KISI UAMBN 2017 - SKI  DOWNLOAD
  • MA AGAMA - KISI-KISI UAMBN 2017 - AKHLAK DOWNLOAD
  • MA AGAMA - KISI-KISI UAMBN 2017 - BAHASA ARAB DOWNLOAD
  • MA IPA,IPS,BAHASA - KISI-KISI UAMBN 2017 -  AKIDAH AHLAK  DOWNLOAD
  • MA IPA,IPS,BAHASA - KISI-KISI UAMBN 2017 - FIKIH DOWNLOAD
  • MA IPA,IPS,BAHASA - KISI-KISI UAMBN 2017 - QUR'AN HADIS  DOWNLOAD
  • MA IPA,IPS,BAHASA - KISI-KISI UAMBN 2017 - SKI DOWNLOAD
  • MA IPA,IPS,BAHASA - KISI-KISI UAMBN 2017 - BAHASA ARAB  DOWNLOAD

Demikian info mengenai POS dan kisi-kisi UAMBN untuk Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2016/2017. Semoga info ini bermanfaat khusunya buat bapak/ibu guru Madrasah Aliyah. Salam madrasah...


Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017

By On January 29, 2017

kisi kisi ujian sekolah/madrasah
Madrasah Kita | Rekan guru madrasah yang semoga selalu semangat untuk mendidik dan mengajar generasi bangsa, sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa sudah beberapa tahun terakhir ini pada jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah atau yang sederajat tidak lagi ada Ujian Nasional (UN) dan sebagai gantinya adalah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Dalam rangka persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah Tahun Pelajaran 2016/2017, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan penyelenggara program Paket A/Ula Tahun Pelajaran 2016/2017

Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) Tahun Pelajaran 2016/2017 yang telah diterbitkan oleh Balitbang Kemendikbud berisi :

A. Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah SD/MI
  1. Bahasa Indonesia SD/MI
  2. Matematika SD/MI
  3. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI

B. Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah SDSLB
  1. Bahasa Indonesia SDSLB (tunanetra, tuna daksa ringan dan tuna laras)
  2. Bahasa Indonesia SDSLB (tunarungu)
  3. Matematika SDSLB (tunanetra, tuna daksa ringan dan tuna laras)
  4. Matematika (tunarungu)
  5. Ilmu Pengetahuan Alam SDSLB (tunanetra, tuna daksa ringan dan tuna laras)
  6. Ilmu Pengetahuan Alam SDSLB (tunarungu)

C. Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah Paket A/ULA
  1. Pendidikan Kewarganegaraan Paket A/ULA
  2. Bahasa Indonesia Paket A/ULA
  3. Matematika Paket A/ULA
  4. Ilmu Pengetahuan Alam Program Paket A/ULA
  5. Ilmu Pengetahuan Sosial Paket A/ULA

Baca Juga : Kisi-Kisi UAMBN MTs Tahun Pelajaran 2016/2017

Dan untuk mendapatkan Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, bapak/ibu guru bisa mendownloadnya pada tautan berikut ini :

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH (US/MI) TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Demikian tadi info mengenai kisi-kisi Ujian Sekolah/madrasah untuk tingkat SD/MI dan sederajat. Semoga info ini bermanfaat buat bapak/ibu guru sekolah khususnya guru madrasah.


Download Kisi Kisi UAMBN MTs Tahun Pelajaran 2016-2017

By On January 28, 2017

kisi kisi uambn mts
Madrasah Kita | Sahabat guru madrasah yang semoga dalam naungan dan lindungan Allah SWT, setelah dikeluarkannya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 91 Tahun 2017 Tentang Kisi-Kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasionlal PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2016/2017, kini kita bisa mempelajari dan mempersiapkan UAMBN  dengan baik, Semua penting diperhatikan.

Persiapan yang wajib dilakukan pihak Madrasah salah satunya adalah mengenai kisi-kisi UAMBN Tahun 2017. Apa itu kisi-kisi? Bagi sahabat yang belum tahu, kisi-kisi adalah sejumlah panduan dan pedoman yang berisi mengenai materi yang akandiujikan dalam Ujian Nasional. Kisi-kisi tersebut akan membantu peserta Ujian Nasional dalam mengarahkan proses pembelajarannya untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian Nasional

Kisi-kisi materi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat diunduh pada link download di bawah ini. Terdiri dari lima mapel: Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, Fiqih, Al Qur'an Hadits, dan SKI.

Berikut File untuk bisa di download :
Demikian mengenai kisi kisi UAMBN Tahun Pelajaran 2016/2017. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam madrasah.

Juknis Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) 2017

By On January 26, 2017

juknis aksioma 2017
Madrasah Kita | Ajang Kompetisi Seni Dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA) Tahun 2017, ini adalah Dalam  rangka peningkatan  mutu  dan  daya  saing  pendidikan  madrasah, Kementerian Agama  menyusun berbagai  program  demi  suksesnya penyelenggaraan  pendidikan  madrasah sesuai  dengan  tujuan pendidikan nasional.

Ajang  Kompetisi  Seni  dan  Olah  Raga  Madrasah  (AKSIOMA)  sebagai  kegiatan yang mendukung  kebugaran  dan  kesehatan  siswa  madrasah  yang  sudah berlangsung  sejak  tahun 2009 harus  tetap  dipertahankan  dan  dari  tahun  ke tahun  terus  dikembangkan.

AKSIOMA tahun  2017  mencoba untuk  menambah cabang  olah  raga  dan  seni  yang diperlombakan.  Antara  lain  misalnya  cabang futsal  untuk  bidang  olah  raga.  Dengan  berbagai macam cabang  yang  diperlombakan dimaksudkan  membuka  peluang  yang  sebesar-sebesarnya bagi  potensi  siswa yang  dimiliki  madrasah  agar  dapat  mengembangkan  minat  dan  bakatnya masing-masing serta menumbuhkembangkan kreativitas mereka.

Dan dalam hal ini, Direktorat  Pendidikan  Madrasah  Direktorat  Jenderal  Pendidikan  Islam Kementerian  Agama mengharapkan  agar  kegiatan  AKSIOMA  tahun  2017  lebih baik  dari  tahun sebelumnya.  Untuk itu  dukungan  semua  pihak  sangat diperlukan  demi  suksesnya  kegiatan AKSIOMA  tahun 2017 ini.

Semua  kontingen dari  berbagai  provinsi  di  seluruh  Indonesia  agar  mempersiapkan  atlitnya dengan  baik  melalui  perlombaan-perlombaan  baik  pada  tingkat  madrasah, Kemenag  Kab./Kota maupun  di  tingkat  Kanwil  Kemenag  Provinsi.  Sehingga tidak menutup kemungkinan akan benar-benar lahir juara-juara seni dan olah raga  yang  bisa  bersaing  dalam  event  yang  lebih  besar  pada tingkat  nasional maupun internasional dalam dan luar negeri.

Dan bagi rekan kepala madrasah dan guru madrasah yang membutuhkan Juknis AKSIOMA 2017 ini, silakan download Juknis Ajang Kompetisi Seni Dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA) Tahun 2017 melalui link bawah ini :


Demikian info tentang Juknis ASIOMA 2017 ini. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan guru madrasah. Mari kita tingkatkan prestasi siswa siswi madrasah melalui ajang AKSIOMA tahun ini. Semoga bermanfaat...


Petunjuk Teknis (Juknis) BOS Tahun Anggaran 2017

By On January 18, 2017

juknis bos 2017
Para sahabat guru khusunya guru madrasah yang berbahagia, pada tahun anggaran 2017 ini alokasi anggaran pada anggaran DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tahun anggaran 2017 telah dianggarkan alokasi Bantuan Operasional Sekolah untuk 49.337 madrasah. Pelaksanaan program BOS melalui APBN yang alokasi anggarannya tidak sedikit ini harus dapat dipertanggungjawabkan oleh semua pelaksana baik di satuan kerja Kementerian Agama maupun madrasah swasta, sehingga diperlukan regulasi dalam bentuk petunjuk teknis yang dapat dipahami dan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan program BOS tahun 2017.

Dengan adanya PMK Nomor 173/2016 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 168/2015 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintah pada Kementerian Negara/Lembaga, lebih memudahkan mekanisme pencairan dikarenakan lebih fleksibel dalam tahapan pencairan dan penyederhanaan bentuk surat pertanggungjawaban dana BOS.

Oleh karenanya agar semua pelaksana BOS baik di satuan kerja Kementerian Agama maupun madrasah swasta memiliki acuan dalam pelaksanaan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah Tahun Anggaran 2017 maka Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7381 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Madrasah Tahun Anggaran 2017.

Bagi sahabat guru yang memerlukan petunjuk teknis atau juknis BOS ini, silahkan download Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Madrasah Tahun Anggaran 2017 pada tautan dibawah ini :

JUKNIS BOS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2017

Adapun sasaran program BOS adalah semua Madrasah Negeri dan Swasta di seluruh Provinsi di Indonesia yang telah memiliki izin operasional. Siswa madrasah penerima BOS adalah lembaga madrasah yang menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar pada pagi hari dan siswanya tidak terdaftar sebagai siswa SD, SMP, atau SMA. Bagi madrasah yang menyelenggarakan kegiatan pembelajaran pada sore hari, dapat menjadi sasaran program BOS setelah dilakukan verifikasi oleh Seksi Madrasah/TOS Kabupaten/Kota.

Besar biaya satuan BOS yang diterima oleh madrasah, dihitung berdasarkan jumlah siswa :
  • Madrasah Ibtidaiyah Rp. 800.000,-/siswa/tahun
  • Madrasah Tsanawiyah Rp. 1.000.000,-/siswa/tahun
  • Madrasah Aliyah Rp. 1.400.000,-/siswa/tahun
Demikian informasi mengenai Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Madrasah Tahun Anggaran 2017, semoga bermanfaat dan salam madrasah.

Inilah Daftar Madrasah Pelaksana UNBK Tahun Pelajaran 2016/2017

By On January 17, 2017

Para sahabat guru yang berbahagia, khusunya para guru madrasah yang terus semangat berbagi ilmu demi terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia, beberapa waktu lalu Madrasah Kita men-share surat Edaran Dirjen Pendis Nomor 141/DJ.I/Set/PP.00.6/1/2017 perihal persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Madrasah dan PPS Wajar Dikdas Tahun Pelajaran 2016/2017.

Dan pada point 4 isi surat edaran Dirjen Pendis Nomor 141/DJ.I/Set/PP.00.6/1/2017 perihal persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Madrasah dan PPS Wajar Dikdas Tahun Pelajaran 2016/2017 menyebutkan bahwa sebagaimana arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pelaksanaan Ujian Nasioanl Tahun 2016/2017 diprioritaskan melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Maka bagi madrasah yang memiliki kesiapan untuk melaksanakan UNBK diharapkan dapat mendaftarkan disi sebagai pelaksana UNBK ke Dinas Pendidikan setempat.

Maka pada kesempatan kali ini Madrasah kita mencoba akan mengetengahkan atau men-share kembali daftar nama Madrasah sebagai penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan juga madrasah baik MA atau MTs yang direkomendasikan sebagai penyelenggara UNBK Tahun Pelajaran 2016/2017 sebagaimana yang dipublikasikan oleh Dirjen Pendis :


Sahabat guru bisa membuka link tautan diatas guna memastikan apakah madrasah bapak/ibu salah satu madrasah penyelenggara atau yang direkomendasikan penyelenggara UNBK tahun ini.
Semoga informasi ini bermanfaat dan salam madrasah.

Surat Edaran Dirjen Pendis Tentang Pelaksanaan UN 2016/2017

By On January 17, 2017

surat edaran pelaksaan UN
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2016/2017 akan diprioritaskan melalui Ujian Nasional Berbasisi Komputer (UNBK). Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017.

Menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2017 sebagaimana tersebut diatas, tertanggal 12 Januari 2017 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 141/DJ.I/Set.I/PP.00.6/1/2017 Perihal Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Madrasah dan PPS Wajar Dikdas Tahun Pelajaran 2016/2017.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Dirjen Pendis dalam surat edaran tersebut antara lain :

  1. Satuan Pendidikan di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam baik Madrasah maupun Pondok Pesantren Salafiyah Penyelenggara Program Wajar Dikdas (PPS Wajar Dikdas) yang siswanya akan mengikuti Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 diwajibkan melakukan upload data EMIS Tahun Pelajaran 2016/2017.
  2. Batas akhir waktu upload data EMIS dari setiap satuan pendidikan paling lambat tanggal 19 Januari 2016.
  3. Setelah melakukan upload data EMIS, Madrasah dan PPS Wajar Dikdas dapat mengunduh data calon peserta Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 berbasis data EMIS melalui Aplikasi Verval Peserta UN Online pada laman: http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/.
  4. Sebagaimana arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 diprioritaskan melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sehubungan dengan hal tersebut, Madrasah yang memiliki kesiapan untuk pelaksanaan UNBK diharapkan dapat mendaftarkan diri sebagai pelaksana UNBK ke Dinas Pendidikan setempat.
  5. Disamping itu, berdasarkan data kepemilikan laboratorium dan komputer yang terinput dalam database EMIS, kami juga merekomendasikan beberapa MTs dan MA untuk dapat melaksanakan UNBK Tahun Pelajaran 2016/2017.
  6. Kanwil Kemenag Provinsi diharapkan dapat berkoordinasi dengan Kankemenag kabupaten/kota untuk segera melakukan verifikasi terkait kesiapan Madrasah-madrasah yang direkomendasikan untuk melaksanakan UNBK sebagaimana dimaksud pada point 5 (lima) sebelum ditetapkan sebagai madrasah Pelaksana UNBK Tahun Pelajaran 2016/2017.
  7. Kankemenag Kabupaten/kota agar segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat untuk mengintruksikan dan menetapkan Madrasah dan PPS wajar Dikdas yang belum dapat melaksanakan UNBK dimadrasahnya sendiri, agar siswanya mengikuti UNBK ditempat pelaksanaan UNBK yang berada radius maksimal 5 (lima) kilometer.
  8. Kemendikbud telah menyiapkan aplikasi pada laman http://spasial.datakemendikbud.go.id/unbk/ yang dapat digunakan untuk melakukan proses pemanfaatan bersama fasilitas komputer madrasah/sekolah.
  9. Batas waktu pengiriman data calon peserta Ujian Nasional Madrasah dan PPS Wajar Dikdas berbasis data EMIS ke dalam aplikasi BIO-UN dan penyampaian kesiapan pelaksanaan UNBK di lingkungan Madrasah dan PPS Wajar Dikdas dari Kanwil Kemenag Provinsi dan/atau Kankemenag Kabupaten/Kota ke Dinas Pendidikan Provinsi dan/atau Kabupaten/Kota paling lambat tanggal 20 januari 2017.

Demikian isi dari Surat Edaran Dirjen Pendis Nomor 141/DJ.I/Set.I/PP.00.6/1/2017 Perihal Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Madrasah dan PPS Wajar Dikdas Tahun Pelajaran 2016/2017. Surat edaran tersebut bisa sahabat guru unduh pada link berikut ini :

Surat Edaran Pelaksaan UN 2016/2017

Hal-Hal Yang Berkaitan Tentang UNBK Yang Perlu Diketahui

By On January 15, 2017

teknis unbk
Penyelenggaraan UNBK tahun ini masih menggunakan sistem semi-online, yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Berikut ini adalah persiapan yang harus dipersiapkan oleh sekolah tempat penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) :

UNBK Starter
UNBK Starter adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan informasi hardware buat generate Serial Number server. Kemudian untuk menjalankan VM sekarang juga di tambahkan sebuah fitur enkripsi dengan bit locker untuk meningkatkan keamanan server.


ExamBrowser UNBK 2017
Exam browser yang digunakan dalam UNBK tahun ini lebih keren tampilannya dengan berbagai tambahan fitur yang memudahkan siswa seperti timer yang sticky dan adanya penanda untuk jawaban yang ragu – ragu.


Selain itu dalam melaksanakan ujian nanti siswa juga bisa mendengarkan audio soal Listening Bahasa Inggris secara langsung di komputernya. Karena nomor soal listening juga acak, komputer siswa/client diwajibkan ada headset.

Audio yang ada di client dan bisa di play secara mandiri, siswa hanya ada kesempatan untuk memainkannya sekali saja, namun bisa mengganti jawaban jika dirasa ada jawaban yang lebih baik.

Prosedur Registrasi & Sinkronisasi Server
Setiap server dalam sekolah memiliki server ID yang berbeda – beda, berbeda dengan tahun lalu dimana satu ID digunakan oleh semua server yang ada di sekolah tersebut.

Proses instalasi server sekarang sejak awal dilakukan secara sendiri – sendiri, lantas mengirimkan Serial Number dengan mensubmit ID server. Selanjutnya serial akan ikut tampil di web dan bisa dicocokan, kalau sudah cocok dan terkonfirmasi baru keluar jadwal sinkronisasi server tersebut.

Kalau tahun lalu Server ID dan serial dikirim manual ke web unbk, lantas baru diverifikasi dari pusat, lantas satu server sinkronisasi dan setelah selesai server yang telah tersinkron di copy ke yang lainnya.

Proses sinkronisasi juga berjalan otomatis, apabila putus di tengah jalan, bisa disambung dari posisi saat putus, tidak perlu download dari awal lagi.

CBT Sync UNBK
Dalam Pelaksanaan UNBK selalu menggunakan aplikasi CBT Sync ini di server untuk administrasi pelaksanaannya. Dalam CBT Sync juga ada beberapa perubahan fungsionalitas, meski untuk designnya relatif sama seperti dulu, terkesan seadanya

Status Server UNBK
Server menampilkan bermacam – macam dalam statusnya, kalau dahulu mungkin hanya ada status Tidak Aktif/offline dan online. Sekarang ada satu lagi tambahan status yaitu standby. Di bawah status – status tersebut juga di sampaikan sebuah baris informasi tentang kondisi server saat ini, tentang hubungan server lokal dengan server pusat khususnya

Reset Login Peserta
Untuk reset login peserta, yang sebelumnya dibuang centangnya baru klik reset, sekarang berlaku normal seperti kebanyakan aplikasi, siswa yang mau direset loginnya di centang dulu bari kita klik tombol risetnya.

Daftar Peserta Terupload
Tampilan laporan siswa yang sudah mengerjakan dan sudah diupload harus dicetak oleh proktor. Dalam daftar tersebut juga bisa dilihat jawaban yang dipilih siswa (tanpa petunjuk benar dan salah tentunya). Jawaban bisa dieksport dari server dalam bentuk PDF.

Demikian tentang UNBK 2017 ini, semoga bisa dibuat referensi bagi sesama teknisi atau siswa yang nanti melaksanakan UNBK tahun ini. Semoga bermanfaat dan salam madrasah

Inilah Persyaratan Sekolah Tempat Penyelengaraan UNBK 2017

By On January 15, 2017

unbk
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 tidak sepenunya dilakukan secara online. Model ini disebut juga dengan sistem semi-online. Tapi alur pelaksanaan UNBK 2017 dilakukan dengan cara soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan sinkronisasi ke server lokal di sekolah, kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal secara offline.

Setelah ujian dilaksanakan, hasilnya kembali dikirim melalui server lokal ke server pusat secara online dengan cara diupload.

Yang menjadi kendala saat ini adalah ketersediaan perangkat komputer. Meski banyak sekolah yang mengaku siap, namun kondisinya belum sepenuhnya. Masih banyak sekolah yang tudak mempunyai cukup perangkat komputer.

Namu pada dasarnya UNBK 2017 sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Melalui UNBK, siswa tak lagi mengerjakan soal secara konvensional dengan menggunakan kertas dan pensil. Melainkan siswa akan langsung membaca soal dan mengisinya sekaligus melalui komputer dengan memanfaatkan koneksi jaringan internet yang saling terhubung dengan server pusat.

Untuk itu, dalam pelaksanaannya UNBK tidak dilakukan oleh semua sekolah. Melainkan hanya sekolah-sekolah tertentu saja. Sebab berkaitan dengan ketersediaan sarana prasarana pendukung pelaksanaan UNBK. Kendati demikian, diharapkan seiring berjalannya waktu, semakin banyak sekolah yang melaksanakan program UNBK  ini.

Bagi sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat yang pada tahun 2017 ingin melaksanakan UNBK, diharuskan untuk mempersiapkan segala keperluannya. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan sistem saat pelaksanaan UNBK 2017 yang pastinya dapat merugikan siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer tersebut.

Maka dari itu, sekolah yang akan melaksanakan UNBK  perlu mengetahui secara detail persiapan teknis apa saja yang diperlukan. Semua persiapan tersebut alangkah baiknya dilengkapi sejak sekarang agar ketika tiba waktu UNBK sekolah terkait siap sepenuhnya. Bagi anda yang belum tahu, berikut ini Persyaratan Teknis Sekolah Tempat Pelaksanaan UNBK 2017:

1. Tersedia petugas laboratorium komputer (minimal 1 proktor dan 1 teknisi);

2. Dapat menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi (minimal) sebagai berikut:

a. Server (utama dan cadangan):

• PC/Tower/Desktop (bukan laptop)

• Processor dengan 4 core dengan frekuensi clock 1.6 GHz 64 Bit

• RAM 8 GB (Dengan VM RAM 4 GB)

• Harddisk 250 GB

• Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows 7/Linux Ubuntu 14.04

• LAN CARD dua unit (satu ke jaringan internet dan satu ke Jaringan lokal)

• UPS (tahan 15 menit)

• Jumlah server mengikuti rasio 1 : 40 (1 server maksimal untuk 40 client).

• Memperbesar jumlah rasio maka harus menambah jumlah core dan RAM

• Cadangan 1 server.

b. Client (utama dan cadangan):

• PC atau Laptop

• Monitor minimal 12 inch

• Processor pentium 4 dengan frekuensi clock 400 MHz

• RAM minimal 512 MB

• Operating System: Windows XP/Windows 7/Windows 8/LINUX

• Web Browser: Xambro

• Hardisk minimal tersedia 10 GB (free space)

• LAN Card

• Jumlah client mengikuti rasio 1 : 3 ( 1 client untuk 3 peserta)

• Cadangan minimal 10%.

• Headset/earphone (untuk ujian listening SMA/MA dan SMK)

c. Jaringan internet dengan bandwidth minimal 1 Mbps (stabil)

d. Jaringan area lokal (Local Area Network – LAN tidak WIFI)

• Switch dengan jumlah port sesuai dengan jumlah komputer pada setiap setiap server.

• Setiap server harus memiliki switch sendiri (tidak digabung dengan server lain).

Semua persyaratan tersebut harus dipenuhi oleh setiap sekolah yang berniat mengadakan UNBK pada tahun 2017. Memang terhitung sangat banyak, hal ini wajar mengingat UNBK berkaitan erat dengan sarana prasarana sekolah. Semoga bermnafaat dan salam madrasah....

Inilah Jadwal Lengkap UN dan USBN 2017

By On January 09, 2017

UN 2017Sahabat-sahabat guru, terutama rekan-rekan guru madrasah. Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun 2017. Seperti kabar yang telah diumumkan bahwa UN akan tetap digelar pada tahun ini. Untuk itu semua sekolah perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-bainya.

Dalam rangka persiapan UN, Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan pada tanggal 22 Desember 2016 telah mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan UN dan USBN. Rapat ini bertujuan untuk membahas berbagai mekanisme dan aturan yang akan dilakukan pada pelaksanaannya di tahun ini.

Ada berbagai informasi penting yang dihasilkan dalam Rapat Koordinasi Persiapan UN dan USBN tersebut. Diantaranya mengenai kebijakan tentang UN, Jadwal Pelaksanaan UN di semua jenjang sekolah sampai dengan Mapel-Mapel yang akan diujikan dalam USBN tahun ini. Berikut ini kami bahas satu per satu poin tersebut.

Kebijakan mengenai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun 2017

Ada tiga hal penting mengenai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah pada tahun ini, ketiganya adalah sebagai berikut:

  1. Ujian Nasional (UN) akan tetap dilaksanakan.
  2. Ujian Sekolah (US) kini ditingkatkan mutunya menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2017 untuk beberapa mata pelajaran saja.
  3. Memperluas pelaksanaan ujian berbasis komputer, baik Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional

Mata Pelajaran UN dan USBN Tahun 2017

Untuk Jenis Mata Pelajaran dalam UN dan USBN ada perbedaan antara masing-masing tingkat satuan pendidikan. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut ini:

A. Jenjang Pendidikan SMP

  1. Mapel Ujian Nasional Meliputi, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA
  2. Mapel USBN Meliputi, Pendidikan Agama, PPKN dan IPS

B. Jenjang Pendidikan SMA

  1. Mapel UN meliputi, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Mapel pilihan sesuai jurusan (1 mapel)
  2. Mapel USBN meliputi, Pendidikan Agama, PPKN, Sejarah dan 3 Mapel sesuai program studi siswa

C. Jenjang Pendidikan SMK

  1. Mapel UN meliputi, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan
  2. Mapel USBN meliputi, Pendidikan Agama, PPKN dan Keterampilan Komputer

Jadwal UN dan USBN 2017
Perhatikan Jadwal UN dan USBN 2017 ini dengan baik. Jadwal ini disusun mulai dari jadwal persiapan hingga pelaksanaannya. Lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut ini:

  1. Tanggal 21 Desember 2016 Kisi-kisi UN dan USBN selesai dibuat
  2. Tanggal 31 Januari 2017 Pelatihan narasumber tingkat provinsi
  3. Tanggal 15 Maret 2016 KKG/MGMP selesai menyusun soal mandiri
  4. Tanggal 1 April 2017 Perakitan dan distribusi master soal ke sekolah
  5. Tanggal 3-6 April 2017 Pelaksanaan UN SMK
  6. Tanggal 10-13 April 2017 Pelaksanaan UN SMA/MA
  7. Tanggal 2, 3, 4, 15 Mei 2017 Pelaksanaan UN SMP/MTs gelombang I
  8. Tanggal 8, 9, 10, 16 Mei 2017 Pelaksanaan UN SMP/MTs gelombang II


Persiapan Pelaksanaan UN Tahun 2017

  1. Dalam rangka meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, integritas, dan kehematan Ujian Nasional dilaksanakan dengan moda UNBK
  2. Jadwal Ujian Nasional untuk jenjang SMK, SMA/MA, dan SMP/MTs tidak bebarengan sehingga komputer bisa dipergunakan secara bergantian (resource sharing)
  3. Sekolah/Madrasah pelaksana UN dengan jumlah komputer lebih dari 20 unit dan mempunyai server bisa ditetapkan menjadi sekolah tempat pelaksanaan UNBK
  4. Peserta didik tingkat SMA/MA dari sekolah yang belum mempunyai infrastruktur UNBK mengikuti ujian di SMK atau SMP/MTs pelaksana UNBK, demikian juga berlaku sebaliknya
  5. Dinas Pendidikan di Provinsi/Kabupaten setempat (Sesuai dengan kewenangannya) menetapkan tempat pelaksanaan ujian bagi peserta didik dari sekolah yang belum mempunyai fasilitas berdasar kedekatan jarak antar sekolah tersebut
  6. Saat ini telah terdata sebanyak 12.053 sekolah/madrasah siap menjadi tempat pelaksana UNBK, dengan jumlah kapasitasnya mencapai 2.188.947 peserta didik

Kesiapan UN Tahun 2017

1. Soal UN

  • Soal UN bagi jenjang pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, SMK, SMPLB/SMALB untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan sudah siap dalam Bank Soal
  • Soal UN bagi pendidikan Paket B, dan C sudah siap dalam Bank Soal
  • Total semuanya sudah disiapkan soal bagi 88 Mapel untuk berbagai jenjang pendidikan @40-50 soal dengan berbagai varian soal yang disesuaikan dengan kebutuhan

2. Metode Pelaksanaan UN

  • Ujian Nasional rencananya akan semaksimal mungkin dilaksanakan dengan UNBK, terutama bagi jenjang pendidikan tingkat SMA/MA/sederajat, hingga kini diperkirakan sebanyak 85-90% peserta didik menggunakan UNBK, sedangkan sisanya masih menggunakan ujian basis kertas (dicetak)
  • Pada jenjang pendidikan tingkat SMP/MTs/sederajat, diperkirakan ada 50% yang menggunakan UNBK, sedangkan sisanya masih menggunakan basis kertas

3. Pengorganisasian UN

  • Dalm Ujian Nasional akan dibentuk sebuah Kepanitiaan tingkat Pusat dan Daerah  yang masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain itu juga dengan memperkuat peran LPMP dan melibatkan Komite Sekolah dan Perguruan Tinggi
  • Pelaksanaan Rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan yang berada di Provinsi/Kabupaten-Kota berlangsung pada 22 Desember 2016
  • Pelaksanaan Rapat Koordinasi dengan KemristekDikti dan Panitia SNMPTN akan dilaksanakan pada 23 Desember 2016

4. Pelaksanaan UN

  • Untuk Jenjang SMK  dilaksanakan pada 3-6 April 2017
  • UN untuk jenjang SMA/MA dilaksanakan pada 10-13 April 2017
  • UN untuk jenjang SMP/MTs gelombang I dilaksanakan pada 2, 3, 4, 15 Mei 2017. Sementara untuk gelombang II dilaksanakan pada 8, 9, 10, 16 Mei 2017

Persiapan Pelaksanaan USBN Tahun 2017

1. Mata pelajaran USBN Tahun 2017

a. Untuk jenjang SMP mapel USBN meliputi Pendidikan Agama, PPKN, IPS

b. Untuk jenjang SMA mapel USBN meliputi Pendidikan Agama, PPKN, Sejarah, 3 mapel sesuai program studi siswa

  • Jurusan IPA meliputi Fisika, Kimia, Biologi;
  • Jurusan IPS meliputi Ekonomi, Geografi, Sosiologi;
  • Jurusan Bahasa meliputi Sastra Indonesia, Antropologi, Bahasa Asing

c. Untuk jenjang SMK mapel USBN meliputi Pendidikan Agama, PPKN, Keterampilan Komputer

2. Pelaksanaan USBN Tahun 2017

a. Guru pelatih akan diberikan pelatihan khusus penulisan kisi-kisi/indikator soal, penulisan soal, dan cara penskoran soal baik jenis soal pilihan ganda maupun uraian atau esai beserta rubrik penilaiannya

b. Adapun Penulisan soal oleh para guru yang tergabung dalam KKG/MGMP di Kabupaten/Kota/Gugus setempat harus mengacu pada kisi-kisi USBN yang ditentukan

c. Master soal USBN disimpan oleh Kepala Sekolah

d. Buku soal USBN dicetak dan disimpan di sekolah masing-masing

e. Pelaksanaan USBN sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab mutlak dari Kepala Sekolah

f. Penskoran hasil dari USBN akan dilakukan oleh guru secara silang antar sekolah dalam gugus setempat

Kesiapan USBN Tahun 2017

1. Soal USBN

  • Penyusunan kisi-kisi USBN sudah selesai dilakukan pada tanggal 21 Desember 2016, dan akan ditetapkan oleh BSNP dalam minggu ini
  • Penyusunan soal USBN 25% dilakukan dari pusat dalam proses, selesai akhir Desember 2016 ini
  • Pelatihan trainer Nasional USBN akan selesai pada15 Desember 2016
  • Pelatihan nara sumber USBN tingkat provinsi pada tahap I selesai pada 20 Desember 2016
  • Pelatihan nara sumber USBN tingkat provinsi tahap berikutnya akan selesai pada akhir Januari 2017 (sitargetkan ada 3000 guru)
  • Penyusunan soal mandiri oleh anggota KKG/MGMP dilakukan pada awal Januari– 15 Maret 2017
  • Perakitan soal oleh anggota KKG/MGMP dan distribusi master soal ke semua sekolah akan selesai pada awal April 2017

2. Pengorganisasian USBN Tahun 2017

  • Pelaksanaan Rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten-Kota di Indonesai berlangsung pada 22 Desember 2016
  • Dukungan pelatihan dan hibah pada anggota KKG/MGMP pada tahun 2017 dilakukan untuk menyusun soal USBN

3. Pelaksanaan USBN Tahun 2017

  • USBN untuk jenjang pendidikan SMA/sederajat dilakukan pada bulan April 2017 yang Dikoordinasikan oleh Dinas Provinsi
  • USBN untuk jenjang pendidikan SMP/sederajat dilakukan pada bulan Mei 2017 yang Dikoordinasikan oleh Dinas Kabupaten/Kota

Demikian informasi yang kami sampaikan. Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Salam madrasah... [dari berbagai sumber]

Info Jadwal Simpatika Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2017

By On January 04, 2017

jadwal simpatika
Setelah ditutupnya masa verval Simpatika semester satu Tahun Pelajaran 2016/2017, maka layanan Simpatika akan kembali dibuka. Pada semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 layanan simpatika telah menyiapkan sederet fitur dan agenda yang layak kita cermati.

Beberapa fitur di semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 ini merupakan kelanjutan dari layanan pada semester sebelumnya. Namun terdapat juga penambahan beberapa fitur baru. Penambahan fitur dan agenda ini tentunya untuk mengakomodir pendataan online di lingkungan Kementerian Agama dengan segala dinamikanya. Berikut ini adalah info mengenai jadwal verval simpatika pada semester dua Tahun Pelajaran 2016-2017.

Assalammualaikum Wr. Wb.
Kepada Pengguna Yth.

Sesuai dengan jadwal bahwa SIMPATIKA Periode Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 telah berakhir pada 1 Januari 2017 pukul. 00.00 WIB. Untuk itu beberapa modul di SIMPATIKA telah ditutup, yaitu :
1. SKMT - SKBK (Tunjangan Guru)
2. Keaktifan Individu Guru/PTK
3. Keaktifan Kolektif (Madrasah/S25)

Untuk pengajuan yang sudah dilakukan sebelum tanggal 1 Januari 2017 masih bisa terus diproses persetujuan di Admin Kemenag Kota/Kab dan Admin Kanwil hingga tanggal 31 Januari 2017. Selanjutnya fitur diatas akan dibuka kembali mulai 1 Pebruari 2017 hingga 31 Juni 2017.

Seluruh pengguna masih bisa login dan melakukan aktivitas operasional lainnya di SIMPATIKA selain 3 modul diatas, a.l Edit/Update Data Rinci, Mutasi, Alih Fungsi, Tambah Admin/Operator, Tambah Guru Baru, dll.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Wassalammualaikum Wr Wb.,
Admin Pusat

Demikian semoga bermanfaat  dan terima kasih sudah berkunjung. Madrasah lebih baik, lebih baik madrasah....