Kabar Terbaru

Pengunjung

SEJAK 1 MEI 2017

Flag Counter

Total Pageviews

Cara Mengatasi Gagal/Error Login EMIS Online

By On November 10, 2017

mengatasi login error emis
Sejak pertama kali diluncurkan Emis berbasis web, banyak sekali para operator madrasah yang mengalami gagal login ke dalam emis online. Setiap akan login, muncul keterangan bahwa ‘data login tidak valid'. 

Hal ini banyak sekali dialami oleh operator, sebab mereka kerap mengutarakannya dalam berbagaigrup diskusi opertor madrasah.
Seperti yang kita ketahui, pada bulan Oktober yang lalu telah dilakukan penonaktifan terhadap semua akun operator emis.

Setiap operator emis madrasah diwajibkan untuk melakukan proses pendaftaran akun ulang, terutama bagi mereka yang selama ini memakai akun email pribadi.

Proses pendaftaran ulang ini lalu diverifikasi oleh pihak admin Emis di tingkat Kabupaten/Kota, untuk mereka yang sudah memenuhi persyaratan selanjutnya akan mendapat hak akses ke layanan emis online.

Tapi dalam praktiknya, banyak yang menglami tidak bisa login ke dalam layanan emis online. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Cara Mengatasi Gagal Login EMIS Online.

Cara Mengatasi Gagal Login EMIS Online

1. Pastikan Alamat Websit EMIS Online Benar
Pertama, pastikanlah bahwa alamat website Emis online yang anda buka sudah benar. Alamat website emis online untuk tingkat madrasah ialah sebagai berikut https://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah.

sementara untuk emis SDM alamatnya adalah sebagai berikut emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm perlu diketahui, emis sdm hanya berfungsi untuk melakukan daftar ulang akun operator madrasah dan juga untuk mengunduh file atau pengumuman yang terkait dengan emis, apabila ada.

2. Pastikanlah Bahwa Akun Operator Mdarasah Telah Disetujui Admin (Aktif)
Selanjutnya pastikan bahwa akun operator madrasah yang sudah didaftarkan telah telah disetujui dan diaktifkan oleh operator kabupaten/kota.
Untuk mengetahui bahwa akun telah aktif atau belum, silahkan anda baca artikel berikut Cara Cek Status Pendaftaran EMIS SDM

3. Pastikanlah NSM di Akun Emis SDM Sudah Benar
Untuk beberapa kasus saat operator mencoba masuk ke dalam website emis online namun mengalami gagal login dan tampil sebuah keterangan yang berisikan bahwa NSM tidak ditemukan atau tampil keterangan bahwa “data login tidak valid”.
Apabila anda mengalami hal tersebut, cobalah:
  • Masuklah dahulu ke dalam website Emis SDM yang beralamat di emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm
  • Lihat di bagian Dashboard Hak Akses Operator Emis anda tersebut
  • Di bagian kolom Identitas, pastikanlah bahwa yang tertulis ialah NSM Madrasah bersangkutan
  • Kemudian klik pada tombol Simpan
  • Apabila langkah tersebut sudah anda lakukan, silakan coba login ulang ke dalam website Emis Madrasah.
4. Data Operator Harus Sudah Terisi
Sama halnya dengan kasus nomor tiga di atas, silakan anda buka website Emis SDM. Pastikanlah bahwa seluruh field (kolom) yang disediakan telah terisi data dengan benar. Apabila sudah benar semuanya, klik pada tombol Simpan yang berada di bagian pojok kanan bawah.

5. Khusus untuk RA Hak Akses belum Dibuka
Khusus bagi operator jenjang RA, hingga artikel ini diterbitkan, memang belum bisa mengakses Emis Madrasah Online. Karena memang belum dibuka oleh pusat, sehingga belum bisa melakukan login. Jika nanti sudah bisa, admin akan menginformasikannya kepada anda.

6. Bersihkan Cache Browser yang Anda Pakai
Apabila seluruh langkah di atas telah anda lakukan namun masih belum juga dapat login, maka ada baiknya untuk melakukan pembersihan terhadap cache browser yang anda pakai.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Gagal Login EMIS Online yang bisa Blog Guru Madrasah sampaikan. Semoga hal ini bisa membantu para operator emis yang sedikit kebingungan dengan masalah diatas.

Terimakasih kunjungannya di Guru Madrasah :

Komentar anda sangat berguna demi kemajuan blog ini. Terima kasih atas kunjungan anda....