Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Daftar Rumpun Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab

Rekan guru madrasah yang semoga selalu berbahagia, baru-baru ini Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan(KSKK) Madrasah telah mempublikasikan Surat Edaran Nomor : 360/Dj.I/Dt.I.I.1/PP.00/04/2017 Perihal : Daftar Rumpun PAI dan Bahasa Arab. Surat Edaran tersebut …

Rumpun Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab
Rekan guru madrasah yang semoga selalu berbahagia, baru-baru ini Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan(KSKK) Madrasah telah mempublikasikan Surat Edaran Nomor : 360/Dj.I/Dt.I.I.1/PP.00/04/2017 Perihal : Daftar Rumpun PAI dan Bahasa Arab. Surat Edaran tersebut ditujukan kepada Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi u.b. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam.

Surat Edaran Direktur KSKK tersebut sebagai tindak lanjut sekaligus penjelas atas PMA Nomor 165 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah, sehingga lebih memperjelas adanya beberapa rumpun mata pelajaran yang termasuk dan dapat dikategorikan dalam mata pelajaran PAI dan/atau Bahasa Arab pada Madrasah.

Baca Juga : Juknis Pembangunan Ruang Kelas Baru dan Rehab Madrasah 2017

Daftar rumpun PAI dan Bahasa Arab merupakan daftar rumpun mata pelajaran yang terkait dengan mapel Pendidikan Agama Islam yang meliputi Al Quran Hadis, Aqidah Akhlak, Fikih, dan Sejaran Kebudayaan Islam. Ditambah dengan mapel Bahasa Arab.

Surat tersebut dilengkapi dengan lampiran yang berisikan tabel daftar nama rumpun mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab. Adapun daftar nama rumpun mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab selengkapnya adalah sebagai berikut:

NoMata PelajaranRumpun Mata Pelajaran
1Al Quran Hadis1. Qira'ah Qur'an
2. Tahfidz al-Qur'an
3. Ilmu Tajwid
4. Ulumul Qur'an
5. Tafsir
6. Ulumut Tafsir
7. Hadis
8. Ulumul Hadis/ Musthalah Hadis
2Aqidah Akhlak1. Aqidah/ Tauhid
2. Ilmu Kalam
3. Akhlak
4. Tashawuf
3Fikih1. Fiqih
2. Ushul Fiqih
3. Qaidah Fiqhiyah
4. Ilmu Faraidl
4SKI1. Sejarah Kebudayaan Islam
2. Tarikh
3. Sirah Nabawiyah
5Bahasa Arab1. Bahasa Arab
2. Qira'atul Kutub
3. Imla'
4. Hiwar
5. Khath/ Tahsinul Khath
6. Nahwu
7. Sharaf
8. Qaidah Sharaf/ Qaidah l'Ial
9. I'lal
10.Qaidah I'rab
11.I'rab
12.Ilmu Balaghah
13.Ilmu Bayan
14.Ilmu Mantiq
15. Ilmu Arudl

Bagi yang membutuhkan, silakan download Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan Surat bernomor 360/Dj.I/Dt.I.I.1/PP.00/04/2017 pada tautan link berikut.

Download File :
DAFTAR RUMPUN PAI DAN BAHASA ARAB


Demikian info mengenai daftar rumpun PAI dan Bahasa Arab untuk Madrasah. Semoga bermanfaat buat rekan guru madrasah dimanapun berada.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.