Kabar Terbaru

Pengunjung

SEJAK 1 MEI 2017

Flag Counter

Total Pageviews

Cara Mudah Mengkonfirmasi Data NISN Di Verval PD

By On April 26, 2017

Cara konfirmasi Data NISN Di Verval PD
NISN merupakan Nomor Induk Siswa Nasional yang menjadi nomor identitas resmi nasional bahwa seorang anak telah mengikuti pendidikan formal. NISN diterbitkan langsung oleh pemerintah pusat melalui Kemendikbud. Pengajuan NISN itu sendiri terbagi dari dua jalur. Jalur pertama melalui Sistem Informasi milik kemendikbud yaitu Dapodik, Sementara jalaur kedua adalah melalui EMIS yang merupakan sistem informasi pendidikan yang dibangun oleh kementrian agama. Verval PD beberapa tahun lalu dikelola oleh dinas pendidikan tingkat kecamatan (UPTD), namun belakangan ini diketahui bahwa Verval PD telah dikerjakan oleh masing-masing instansi pendidikan. Seiring perkembangan aplikasi verval pd kini telah bisa diakses para operator para instansi pendidikan tentunya dengan hak akses masing-masing. Namun untuk lingkungan kementrian Agama verval pd masih dikerjakan oleh operator kabupaten/kota.

Seperti yang kita ketahu dalam mengerjakan verval pd pertama kita harus memvalidasi data-data siswa yang berada di di menu residu kemudian setelah kita validasi maka NISN akan muncul dan masuk ke menu Referensi. Jika data sudah masuk ke menu referensi secara resmi NISN telah dimiliki oleh nama-nama yang berada di menu referensi. Namun Semua itu akan sia-sia jika kita tidak melakukan konfirmasi data. Gunanya adalah untuk mengirim data referensi ke pusat bahwa data-data tersebut sudah benar-benar fixed. Tanpa melakukan konfirmasi maka sia-sia saja anda melakukan validasi data residu verval pd karena akan kembali lagi hilang dari data referensi saat Tahun Pjaran baru. Oleh karena itu jangan lupa Konfirmasi Data NISN Di Verval PD.
Bagaimana  Cara Konfirmasi Data NISN Di Verval PD ? Simak saja penjelasanya dibawah ini :
  1. Login ke verval PD vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ . dan untuk kemenag vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id
  2. Jika belum punya akun registrasi dulu. Caranya baca disini : Cara Registrasi Operator Sekolah Di Verval PD
  3. Jika sudah login masuk ke menu referensi. Periksa apakah semua siswa anda sudah masuk di data referensi. Jika belum Maka periksa dulu di data residu. Segera selesaikan semuanya jika masih ada nama-nama di menu residu.
  4. Jika semua data sudah fixed dan clear sekarang saatnya Konfirmasi Data NISN Di Verval PD. Klik Menu Konfirmasi.
  5. Pilih Kecamatan - Pilih Lembaga Anda.
  6. Akan muncul semua nama-nama siswa yang sudah masuk di data referensi.
  7. Klik Semua siswa lalu Klik OK.
Demikian sedikit tips dari Blog Guru Madrasah mengenai Cara Konfirmasi Data NISN di Verval PD, simak terus update informasi seputar pendidikan hanya di blog Guru Madrasah.

Terimakasih kunjungannya di Guru Madrasah :

Komentar anda sangat berguna demi kemajuan blog ini. Terima kasih atas kunjungan anda....