Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2017

S alah  satu program Direktorat  pembinaan Sekolah Menengah  Atas, Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan(Kemdikbud) tahun 2017 adalah untuk melaksanakan Olimpiade Sains  nasional atau lebih mudah disebunya dengan OSN. Sebelumn…

Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2017
Salah  satu program Direktorat  pembinaan Sekolah Menengah  Atas, Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan(Kemdikbud) tahun 2017 adalah untuk melaksanakan Olimpiade Sains  nasional atau lebih mudah disebunya dengan OSN. Sebelumnya blog Guru Madrasah telah membagikan Pedoman OSN tingkat SMP, maka pada kesempatan kali ini, admin akan mencoba membagiakan pedoman pelaksanaan OSN untuk tingkat SMA. Untuk tingkat SMA ini terdapat 9 (Sembilan) bidang keilmuan, diantaranya adalah :
  • Matematika,
  • Fisika,
  • Kimia,
  • Informatika/Komputer,
  • Biologi,
  • Astronomi,
  • Ekonomi,
  • Kebumian, dan
  • Geografi.
Tujuan pelaksanaan OSN itu sendiri adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa khususnya siswa yang mempunyai bakat di bidang sains, sehingga para siswa dapat meningkatkan kemampuan para siswa sesuai dengan bidang ilmu yang diminatinya dan untuk menjaring siswa calon peserta Olimpiade Sains  tingkat Internasional. Kegiatan ini juga sekaligus untuk membentuk sikap/karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, kreatif, dan selalu menjalin persahabatan dan berbagi pengalaman atau sharing terhadapsesama siswa sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Baca Juga : Silabus dan Pedoman OSN SMP Tahun 2017

Dengan adanya Juknis / Pedoman pelaksanaan (OSN) SMA tahun 2017 ini diharapkan untuk dapat membantu dan mempermudah panitia seleksi pada Tingkat Kabupaten/Kota  dan Provinsi, agar penyelenggaraan seleksi dapat berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Persyaratan UMUM Peserta OSN SMA 2017 sesuai Juknis Sebagai berikut:
  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Pelajar, KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (Surat Ijin Mengemudi), atau Paspor.
  2. Berminat dan memenuhi syarat minimal pengetahuan yang dinyatakan dalam bentuk nilai dari bidang keilmuan yang dipilih.
  3. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali. Bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.
  4. Setiap siswa hanya dapat mengikuti salah satu bidang keilmuan saja dan diusulkan langsung oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.
  5. Belum pernah meraih medali emas OSN Tingkat SMA di semua bidang keilmuan pada tahun sebelumnya.
  6. Bersedia mengikuti pembinaan khusus ke tingkat Internasional jika lolos dari Tingkat Nasional.
  7. Tuntas pada semua mata pelajaran dan sikap (minimal Baik) mengacu kepada kurikulum yang berlaku

Untuk lebih jelasnya mengenai pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional Tahun 2017 ini, rekan guru bisa mendownloadnya melalui tautan link berikut ini :

Download File :

Demikian infoemasi mengenai Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional Tahun 2017 yang bisa admin sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung di Blog Guru Madrasah dan like fanspage facebook kami untuk mendapatkan update informasi terbaru..


0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.