Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Instrumen dan Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Lengkap

P enilaian Kinerja Guru (PKG) dimaksudkan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu, menemukan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas, dan membantu mereka untuk meningkatkan…

Instrumen dan Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG)
Penilaian Kinerja Guru (PKG) dimaksudkan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu, menemukan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas, dan membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya yang akan memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan, sekaligus membantu pengembangan karir guru sebagai tenaga professional. Penilaian Kinerja Guru dilakukan sekali dalam setahun, tetapi prosesnya dilakukan sepanjang tahun terutama dalam memantau unjuk kerja guru dalam mengimplementasikan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Kegiatan penilaian kinerja guru diawali dengan kegiatan evaluasi diri yang dilaksanakan pada awal semester. Rentang waktu antara pelaksanaan kegiatan evaluasi diri dan kegiatan penilaian kinerja guru adalah 2 semester. Di dalam rentang waktu tersebut, guru wajib melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memperoleh pembinaan keprofesiannya sebelum mengikuti penilaian kinerja guru.

Guru yang dimaksud tidak terbatas pada guru yang bekerja di satuan pendidikan di bawah kewenangan Kementerian Pendidikan Nasional, tetapi juga mencakup guru yang bekerja di satuan pendidikan di lingkungan Kementerian Agama. Berdasarkan data di lapangan masih rendahnya pemahaman guru-guru terhadap bagaimana prosedur pelaksanaan PKG di madrasah. Artikel ini disusun agar guru lebih memahami periode, metode dan mekanisme pelaksanaan PKG.

Baca Juga : Aplikasi Database Madrasah Format Excel Terbaru

Berkenaan dengan PKG ini blog Guru Madrasah akan mencoba membagikan file atau format PKG. Adapun Instrumen PKG ini terdiri dari : Guru Kelas (Mata Pelajaran), Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium (bengkel), Kepala Perpustakaan, Ketua Program Keahlian, dan PKG untuk Konselor (Guru BK / Bimbingan Konseling).

Untuk mengunduh format Penilaian Kinerja Guru (PKG) ini, rekan guru bisa mengklik tautan link berikut ini :

Download File 

Demikian informasi mengenai format aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk para assesor dan rekan guru PNS dimanapun berada. Jangan lupa selalu berkunjung di blog Guru Madrasah ini untuk mendapatkan info dan aplikasi yang bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.