Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Surat Pengantar Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

S emester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah berjalan beberapa waktu yang lalu, dan tentunya para operator diharapkan segera melakukan pemutakhiran data EMIS untuk semester genap ini. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, sebagai penyelenggara EMIS, baru-baru ini mengeluark…

surat pengantar pemutakhiran data emis semster genap 2016/2017
Semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah berjalan beberapa waktu yang lalu, dan tentunya para operator diharapkan segera melakukan pemutakhiran data EMIS untuk semester genap ini. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, sebagai penyelenggara EMIS, baru-baru ini mengeluarkan Surat Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.

Surat dengan nomor 531/DJ.I/Set.I/OT.01.01/02/2017 tertanggal 10 Februari 2017 ini ditujukan kepada Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Rektor UIN/IAIN, Ketua STAIN, dan Koordinator Kopertais Wilayah I-XIII di seluruh Indonesia. Sesuai dengan pokok surat, melalui surat ini Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memberitahukan bahwa akan dimulainya pemutakhiran data Pendidikan Islam periode Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui sistem pendataan EMIS.

Baca Juga : Aplikasi Desktop Emis Semster Genap 2016/2017

Beberapa point penting yang terdapat dalam surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam, Prof. Dr. M. Isom Yusqi, M.Ag tersebut antara lain:
  1. Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 diberlakukan bagi seluruh entitas pendataan di bawah binaan Dirjen Pendis, yang meliputi:
    • Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Pengawas Madrasah.Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah, Lembaga Pendidikan Al Quran (LTQ), Pesantren penyelenggara Program Wajar Dikdas, Satuan pendidikan Diniyah Formal, dan Satuan Pendidikan Diniyah formal dan Satuan Pendidikan Muadalah.
    • Pendataan Guru PAI pada sekolah dan Pengawas PAI dibawah koordinasi bidang PAKIS/Pendis ditingkat Kanwil Kemenag Tingkat Propinsi.
    • Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)
    • Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta(PTKIS)
  2. Setiap satuan pendidikan, peserta didik, lulusan, dan tenaga kependidikan di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, diwajibkan melakukan pemutakhiran data EMIS Semester GenapTahun Pelajaran 2016/2017 dengan mengisi instrumen pendataan resmi yang dikeluarkan oleh Ditjet Pendis secara lengkap dan akurat.
  3. Setiap satuan  pendidikan (RA, MI, MTs, MA, Pondok Pesantren, Diniyah Takmiliyah, LPQ, Diniyah Formal, Muadalah, PTKIN, dan PTKIS), Guru PAIS, Pengawas PAIS, dan Pengawas Madrasah yang tidak melakukan pemutakhiran dara EMIS, tidak akan diakui keberadaannya oleh Kementerian Agama RI. Sehingga secara otomatis tidak berhak untuk memperoleh pelayanan dalam bentuk apapun dari Ditjen Pendis. Hal ini secara otomatis berlaku bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang ada di dalamnya.
  4. Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 dilaksanakan sejak 31 Maret 2017 namun tidak mendukung pencairan dan BOS Madrasah Triwulan I Tahun 2017. Namun tiap satuan pendidikan diharapkan dapat melakukan updating data sebelum bulan Februari 2017 berakhir.
  5. Instrumen dan aplikasi pendataan EMIS Semester GenapTahun Pelajaran 2016/2017 dapat diunduh pada halaman web http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm.
Untuk lebih jelasnya mengenai surat pengantar pemutakhiran data EMIS semster genap Tahun Pelajaran 2016/2017, rekan guru madrasah khususnya para operator Emis, dapat mengunduhnya melalui tautan link berikut ini :

SURAT PENGANTAR PEMUTAKHIRAN DATA EMIS SEMSTER GENAP 2016/2017

Demikian info mengenai surat pengantar pemutakhiran data Emis semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Semoga srtikel ini bermanfaat, khusunya buat para rekan operator Emis dimanapun Anda berada. Salam madrasah dan selamat berkerja.



0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.