Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Apliaksi Analisis Butri Soal Terbaru

Guru Madrasah | Analisis butir soal yang dalam bahasa inggris disebut item analiysis dilakukan terhadap empirik. Maksudnya, analisis itu baru dapat dilakukan apabila suatu tes telah dilaksanakan dan hasil jawaban terhadap butir-butir soal telah kita peroleh. Analisis butir so…

Apliaksi Analisis Butri Soal Terbaru
Guru Madrasah | Analisis butir soal yang dalam bahasa inggris disebut item analiysis dilakukan terhadap empirik. Maksudnya, analisis itu baru dapat dilakukan apabila suatu tes telah dilaksanakan dan hasil jawaban terhadap butir-butir soal telah kita peroleh. Analisis butir soal adalah suatu kegiatan analisis untuk menentukan tingkat kebaikan butir-butir soal yang terdapat dalam suatu tes sehingga informasi yang dihasilkan dapat kita pergunakan untuk memperbaiki butir soal dan tes tersebut.

Identifikasi terhadap setiap butir item soal dilakukan dengan harapan akan menghasilkan berbagai informasi berharga, yang pada dasarnya akan merupakan umpan balik (feed back) guna melakukan perbaikan, pembenahan, dan penyempurnaan kembali terhadap butir-butir soal, sehingga pada masa-masa yang akan yang akan dating tes hasil belajar yang disusun atau dirancang oleh guru itu betul-betul dapat menjalankan fungsinya sebagai alat pengukur hasil belajar yang memiliki kualitas yang tinggi.

Baca Juga : Aplikasi Buku Induk Siswa SD/MI Format Excel Terbaru

Dan kegiatan menganalisis butir soal merupakan salah satu “kewajiban bagi setiap guru”. Dikatakan kewajiban karena setiap guru pada akhirnya harus dapat memberikan informasi kepada lembaganya ataupun kepada siswa itu sendiri tentang bagaimana dan sejauh mana penguasaan dan kemampuan yang telah dicapai siswa terhadap materi dan keterampilan-keterampilan mengenai mata pelajaran yang telah diberikan. Sejalan dengan pengertian di atas maka evaluasi berfungsi sebagai alat untuk mengetahui tercapai tidaknya suatu tujuan pembelajaran, umpan balik bagi proses pembelajaran, sebagai dasar untuk menyusun laporan kemajuan belajar siswa, sebagai dasar merumuskan kriteria ketuntasan minimal dan untuk mengetahui sejauh mana kualitas butir soal yang disusun.

Maka dari itu untuk mempermudah bapak/ibu dalam melakukan analisis soal, maka kami sajikan sebuah Aplikasi Analisis Butir Soal dengan Format Excel yang sangat sederhana yang dapat di gunakan dalam kegiatan evalusi dan menganalisis butir-butir soal uraian sehingga dapat menghasilkan Anlisis Butir Soal.

Buat rekan guru khususnya bapak ibu rekan guru madrasah yang memerlukan aplikasi analisis butir soal, silakan bisa mendownload pada tautan link berikut ini :

APLIKASI ANALISIS BUTIR SOAL TERBARU

Itulah mengenai aplikasi analisis butir soal terbaru. Semoga aplikasi ini bisa bermanfaat buat rekan guru madrasah demi untuk kemajuan pendidikan madrasah pada khususnya dan indonesia pada umumnya.


0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.