Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

3 Model Pembelajaran Ini Cocok Diterapkan Pada Kurikulum 2013

T eman-teman para guru madrasah yang berbahagia. Penerapan K 13 secara bertahap sudah dilaksanakan di berbagai sekolah  atau madrasah di seluruh Indonesia. Walaupun memenag dalama pelaksanaanya masih banyak kendala yang dihadapinya. Mulai dari sarana, pengadaan alat ajar sampai…

model pembelajaran K13Teman-teman para guru madrasah yang berbahagia. Penerapan K 13 secara bertahap sudah dilaksanakan di berbagai sekolah  atau madrasah di seluruh Indonesia. Walaupun memenag dalama pelaksanaanya masih banyak kendala yang dihadapinya. Mulai dari sarana, pengadaan alat ajar sampai dengan metode pengajarannya dan masalah-masalah yang lain.

Hal yang sangat penting dalam penerapan Kurikulum 13 adalah metode pangajaran yang banyak perubahan dalam penerapannya. Salah satunya adalah metode atau model pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).

Model pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) ternyata menjadi model yang cocok untuk diterapkan pada kurikulum 2013. Oleh karena di dalam model PBL ini mengandung pola pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach). Dalam pembelajaran model ini, setidaknya ada 3 model pembelajaran yang cocok diterapkan pada kurikulum 2013. Di antaranya sebagai berikut.

1. Discovery Learning
Model pembelajaran discovery learning dilakukan dengan beberapa langkah pembelajaran yaitu persiapan, pelaksanaan (kegiatan inti), dan penilaian.

Pada kegiatan inti yaitu pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran discovery learning dilakukan hal-hal berikut:
  1. Pemberian stimulasi/rangsangan,
  2. Pernyataan/identifikasi masalah,
  3. Pengumpulan data,
  4. Pengolahan data,
  5. Verifikasi/pembuktian dan
  6. Menarik kesimpulan/generalisasi.
Tahapan penilaian tentu dilakukan model authentic assesment

2. Problem Based Learning
Problem based learning adalah, metode mengajar yang menggunakan masalah yang nyata, melalui masalah itu, terjadilah proses belajar siswa. Mereka akan belajar berbagai hal termasuk ingatan (kognitif) maupun keterampilan berpikir kritis.

Problem based learning adalah metode mengajar dengan fokus pemecahan masalah yang nyata, kerja kelompok, umpan balik, diskusi, dan laporan akhir.

3. Project Based Learning
Model pembelajaran berbasis proyek  merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Guru menugaskan siswa untuk melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

Demikian intisari dari artikel tentang model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013. Model pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh guru. Oleh karena guru merupakan ujung tombak pelaksana pembelajaran di kelas. Di sanalah, kreativitas guru sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Semoga bermanfaat dan salam madrasah…..


Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.